Berapa Harga Jual Drone dan Bagaimana Tips Memilihnya?

Drone akhir-akhir ini menjadi teknologi yang banyak digandrungi orang. Pesawat tanpa awak ini mampu digunakan untuk mengambil gambar dari berbagai ketinggian dan bisa dikendalikan dari jarak jauh. Ada banyak merek drone dengan harga jual drone yang bervariasi juga yang bisa Anda miliki. Untuk memilihnya, Anda bisa terapkan tips ini!

1. Pahami Jenisnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memilih untuk membeli drone adalah jenis yang dijual di pasaran. Saat ini ada beberapa jenis drone seperti drone mini yang dikhususkan untuk pemula dan lainnya. Mengingat harga dari done ini tidak murah, tentunya Anda harus bisa menyesuaikan jenisnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Pahami Fitur yang Dimilik

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, drone juga dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kinerjanya. Salah satu fitur yang wajib dimiliki drone adalah auto landing dan auto take off yang berguna agar Anda tak bingung ketika menerbangkannya. Selain itu, Anda juga harus memeriksa kode yang ada pada drone tersebut.

Misalnya saja, bila kodenya adalah RTF atau ready to fly, berarti Anda bisa menerbangkannya langsung setelah memasang baling-balik dan baterainya. Sedangkan untuk BNF atau birt and fly, maka Anda harus membeli pengendali jarak jauh lagi dan inipun harus dirangkai ulang.

3. Berapa Lama Waktu Terbangnya

Ketika Anda memilih drone, hal lain yang wajib Anda perhatikan adalah berapa lama drone tersebut bisa terbang. Jangka waktu terbang rata-rata drone adalah 15 menit alias tidak terlalu lama. Oleh sebab itu Anda harus mengambil gambar semaksimal mungkin ketika menggunakannya.

4. Jarak Tempuh Selama Terbang

Mengingat harga jual drone tidak bisa dibilang murah, hal lain yang harus Anda perhatikan agar kinerjanya maksimal adalah jarak tempuh selama terbang dari drone tersebut. Rata-rata drone bisa terbang hingga jarak 1 km saja bila di tempat dengan gedung-gedung tinggi. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kunci GPS-nya agar drone bisa balik tepat waktu.

5. Baterai

Ketahanan baterai dari drone juga wajib Anda perhatikan. Selain itu, kecepatan pengisiannya juga. Rata-rata, baterai drone baru bisa terisi penuh setelah di-charger selama 2 hingga 3 jam. Oleh sebab itu, agar aktivitas pengambilan gambar dari ketinggian Anda tak terganggu, ada baiknya Anda memiliki baterai cadangan.

6. Bodi Drone

Perhatikan juga bodi drone tersebut. Pilihlah yang memiliki bodi tanggung dan beratnya ringan. Tujuannya tentu saja untuk menghindari kerusakan karena tabrakan atau terjatuh. Semahal apapun harga drone yang Anda miliki, kalau memiliki bobot yang berat, drone tersebut tak akan bertahan lama.

7. Harga

Tentu saja, harga juga harus Anda perhatikan. Rata-rata harga sebuah drone berkisar antara 2 hingga 14 juta rupiah per buah, tergantung dari vendor yang mengeluarkan drone tersebut. Meski harganya bervariasi, ada baiknya Anda berhati-hati dengan drone yang dibanderol dengan harga murah.

Bisa saja barang tersebut palsu atau sudah direkondisi. Kalau sudah begini, tentunya suku cadang dari drone tersebut lebih cepat rusak. Kalau begini, Anda malah akan lebih rugi. Sebab, rata-rata harga suku cadang drone juga cukup mahal.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan bila ingin membeli sebuah drone. Untuk harga jual drone, cukup bervariasi. Anda bisa memilih sesuai dengan bujet yang dimiliki. Misalnya saja, Anda bisa beli di jakmall.com. Anda bisa menemukan drone terbaik dengan harga terjangkau karena banyak diskon dan penawaran menarik yang bisa Anda dapat di sini.