Cara Mendeteksi Penyakit Lupus Sedari Dini, Biar Gak Makin Parah

Lupus merupakan jenis penyakit autoimun, yang memicu terjadinya peradangan pada organ tubuh, hingga menyebabkan kerusakan di sana. Akibatnya, organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati, dan ginjal, tak bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Kerusakan pada organ karena penyakit lupus bisa dicegah, dengan cara mendeteksi penyakit lupus sedari dini lewat gejalanya.

  1. Munculnya Ruam Kemerahan di Permukaan Kulit

Walau gejala yang ditunjukkan oleh penderita lupus, beragam bentuknya, namun ada beberapa gejala umum yang kerap kali terjadi, seperti munculnya ruam. Ruam berwarna kemerahan ini umumnya muncul di bagian wajah, serta terkadang menyerupai sayap kupu-kupu. Penderita lupus juga mungkin mengalami ruam berbentuk bulat di leher, lengan, batang tubuh dan juga pada tungkainya.

  1. Munculnya Bengkak di Kelopak Mata dan Tungkai Bawah

Gejala umum yang juga sering muncul saat seseorang menderita penyakit lupus adalah pembengkakan di bagian tertentu pada tubuh. Penderita lupus biasanya akan mengeluhkan bengkak yang muncul pada bagian kelopak mata dan juga tungkai bawah. Jika bengkak muncul di bagian tubuh Anda tersebut tanpa ada penyebab pasti, segera periksakan kondisi tubuh Anda ke dokter.

  1. Nyeri dan Pembengkakan Sendi

Cara mendeteksi penyakit lupus berikutnya adalah dengan mengamati apakah sendi Anda bengkak dan terasa nyeri. Persendian merupakan bagian tubuh yang paling cepat terpapar efek dari penyakit lupus yang diderita. Siku dan lutut merupakan bagian yang paling terasa nyeri saat penyakit lupus menjangkiti. Berkonsultasilah dengan dokter, jika persendian terasa nyeri tanpa sebab.

  1. Rambut Mengalami Kerontokan dengan Tiba-Tiba

Kerontokan rambut mungkin biasa Anda alami, namun bagaimana jika kerontokan rambut begitu banyak hingga mencapai ratusan helai? Rambut yang rontok secara tiba-tiba dalam jumlah banyak setiap harinya, merupakan salah satu gejala dari penyakit lupus. Jangan anggap sepele kondisi tersebut, jika tak ingin organ penting di tubuh Anda makin rusak karena serangan penyakit lupus.

  1. Sering Merasa Sesak Napas Disertai dengan Nyeri pada Dada

Jika semua atau sebagian besar gejala di atas Anda rasakan, lalu ditambah dengan rasa nyeri di dada, maka segeralah kunjungi dokter. Nyeri yang muncul di bagian dada Anda, kemungkinan dipicu oleh kerusakan organ tubuh, yaitu paru-paru dan jantung, karena penyakit lupus. Biasanya, nyeri di bagian dada ini pun makin diperparah dengan napas yang tiba-tiba saja sering terasa sesak.

Cara mendeteksi lupus sedari dini adalah dengan mengenali gejalanya dengan baik. Walaupun gejala penyakit lupus berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, Anda bisa menjadikan ragam gejala umumnya di atas sebagai acuan. Jika sekiranya banyak gejalanya yang Anda alami, segera periksakan diri ke dokter. Semakin cepat pasien diberi treatment, risiko rusaknya organ bisa makin berkurang.